October 09, 2015

Rewriting dan Lomba Menulis


Source: Pinterest

Pada akhir Agustus 2015 yang lalu, saya bergabung dengan Training Penulisan Artikel yang diadakan oleh grup Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) yang dimotori oleh teh Indari Mastuti. Dalam training tersebut, peserta diminta menuliskan dua artikel yang harus diposting di Kompasiana. Sebelum diposting, kedua artikel tersebut dikoreksi terlebih dahulu oleh teh Inda. 

Sebenarnya artikel-artikel yang saya serahkan tersebut merupakan artikel lama yang saya tulis kembali (rewriting). Tentu sudah saya koreksi sedikit sebelum saya serahkan ke teh Inda. 

Berikut links dimana anda bisa membaca kedua artikel yang saya tulis kembali tersebut.
Tulisan 1: Before and After
Tulisan 2: Before and After

Setelahnya, teh Inda menyampaikan kritik dan saran yang membangun. Menurut beliau, saya harus berlatih terus agar nantinya dapat menuliskan judul yang tepat dan membuat lead atau awal tulisan yang bisa lebih menarik perhatian pembaca. Alhamdulillah, senangnya bisa mendapat masukan dan kritik dari orang yang sudah sangat mumpuni dalam dunia tulis-menulis. 


Training artikel itu juga memotivasi saya untuk mengikuti lomba menulis artikel yang diadakan oleh organisasi IMSA Sister. Alhamdulillah, saya dapat Juara ke-2. Juara 1 dan 3-nya adalah ustadz-ustadz yang insyaa Allah sudah memiliki kemampuan menulis lebih dari saya dan biasa berdakwah pada para jamaahnya. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat agar saya lebih konsisten menuliskan opini, sehingga artikel yang dihasilkan pun akan lebih punya greget.
• • •