April 23, 2011

Sarapan yang Membuat Ngantuk

Anda tentu pernah mendengar petuah yang mengatakan bahwa sarapan itu penting untuk kesehatan. Mungkin kita sendiri mengakui kebenarannya. Meski begitu, banyak orang yang tidak sarapan. Mereka yang tidak sarapan beralasan tidak punya waktu, sarapan membuat mereka mengantuk, sarapan bikin mual, dan beragam alasan lain.

Buat saya sendiri, sarapan memang penting. Saya mengusahakan sebisa mungkin sarapan sebelum mulai beraktivitas di pagi hari. Pilihan menu yang biasa saya konsumi saat masih di Indonesia misalnya: nasi goreng, nasi uduk, nasi dan telur dadar, lontong sayur, nasi pecel, kethoprak, ataupun sekedar ngemil gorengan. Jika sedang ingat hidup sehat, saya ganti menu sarapan dengan mengkonsumsi oatmeal dan buah-buahan.

Dari sekian menu tersebut, ada beberapa yang justru membuat saya mengantuk setelah mengkonsumsinya. Mungkin jika dikonsumsi oleh orang lain, pengaruhnya akan beda, tapi setidaknya itulah yang saya rasakan. Berikut ini beberapa makanan yang saya santap saat sarapan dan justru membuat saya mengantuk:

  1. Aneka nasi dan olahannya.
  2. Oatmeal. Padahal oatmeal ini sehat untuk jantung, karena mengandung banyak serat. Namun dalam salah satu artikel di yahoo disebutkan bahwa oatmeal merupakan salah satu dari 10 makanan yang disarankan untuk dikonsumsi jika kita mengalami kesulitan tidur. Hal itu dikarenakan kandungan kalsium, magnesium, phosporus, silicon dan potassium-nya yanmerupakan pendukung proses tidur kita.
  3. Aneka roti dan kue
Setidaknya ketiga makanan itulah yang kini saya hindari saat sarapan. Kandungan karbohidrat didalamnya ternyata tidak cocok untuk saya konsumsi di pagi hari. Hal itu selaras dengan yang saya baca di buku Food Combining yang ditulis oleh Andang Gunawan. Disitu dikatakan bahwa dari pagi sampai pukul 12 siang, tubuh kita belum siap mengolah makanan yang mengandung karbohidrat. Jika di pagi hari tubuh dipaksa mengkonsumsi karbohidrat, salah satu akibatnya justru lemas dan mengantuk.

Bagaimana pun sarapan tetap penting dilakukan, namun pilihannya saja yang saya ganti. Saat ini saya lebih memilih mengkonsumsi paduan telur rebus dan sayur/buah atau hanya ngemil buah-buahan saja. Dengan menu tersebut, saya merasa lebih bergairah dan siap memulai aktivitas di pagi hari tanpa harus mengalami rasa kantuk yang mengganggu.
• • •