September 29, 2015

Teknik Pomodoro

Pomodoro atau Podomoro? :D

Source: Valorebooks

Betul kok, memang teknik Pomodoro. Teknik yang saya kenal sejak setahun yang lalu tersebut banyak manfaatya, asalkan kita konsisten. Sayangnya saya tidak terlalu sering menggunakan teknik tersebut. Maunya kerja tanpa harus diatur waktu. Kalau mau ngerjain sesuatu, ya kerjain aja. Iya kalau sedang rajin, kalau tidak? Yang ada pas udah petang baru nyadar, tadi seharian ngapain aja  ya? Kok banyak pekerjaan yang belum terselesaikan :D

Karena sekarang ada banyak hal yang sedang ingin saya pelajari, sementara saya pun harus membagi waktu saya dengan urusan rumah tangga lainnya, teringatlah saya pada teknik Pomodoro tersebut. Kalau gak pakai Pomodoro, bisa jadi target-target saya ke depan tidak bisa tercapai nih, begitu pikir saya. Lalu saya pun ketemu blog mbak Dedek, seorang ibu serba bisa dulu saya kenal ketika masih tinggal di Depok. Saat ini beliau bersama suami dan 2 orang buah hatinya tinggal di New Zealand. Beliau juga sedang berusaha menerapkan Pomodoro untuk membantunya menyelesaikan tugas-tugas, baik itu urusan rumah maupun kantor. Kisah beliau tersebut ada di link ini.


Nah, bagaimana sih cara mengaplikasikan Pomodoro?
Intinya sih, kita buat target apa saja yang ingin kita kerjakan. Lalu kita perkirakan berapa lama kita bisa menyelesaikan satu target. 
Setelah itu, kita mulai dengan Pomodoro pertama, yakni 25 menit. Timer-nya boleh pakai kitchen timer, jam dinding, timer di handphone, ataupun online timer. Selama 25 menit itu kita harus fokus kerja. Kalau ada email ataupun pesan lain yang masuk, abaikan dahulu. Nanti setelah 25 menit kerja kita bisa dapat jatah break 5 menit. Dalam 5 menit itu kita bebas mengerjakan apa saja, misalnya ngopi, cek email, buka facebook, dll.
Setelah istirahat 5 menit, mulailah Pomodoro kita yang ke-2. Kerja lagi 25 menit, lalu break 5 menit. Begitu seterusnya sampai Pomodoro ke-4. Setelah Pomodoro ke-4, baru kita boleh dapat break lebih panjang, yakni 15 menit. Hurray :D

Hasilnya lumayan banget. Ini saya udah lama sekali tak posting di blog. Nah, seperti saran mbak Dedek, saya pakai satu Pomodoro untuk menuliskan postingan ini dan berhasil :) Alhamdulillah....

Nah, mau coba juga teknik Pomodoro agar anda bisa lebih produktif dan efisien?

• • •