November 10, 2015

Artikel Ilmiah dari Researchgate

Source: Pioneers

Artikel ilmiah terbaru menjadi pijakan penting saat melakukan studi pustaka bagi penelitian-penelitian kita. Dengan membaca artikel-artikel baru, maka perkembangan riset di bidang kita pun bisa lebih mudah dipahami. Untuk itu, sejak beberapa tahun lalu saya bergabung di dua situs yang didalamnya bergabung para akademia dan peneliti dari berbagai bidang. Kedua situs itu adalah academia dan researchgate.

Karena saya berkecimpung di dunia pendidikan, maka dalam profil keanggotaan saya sertakan bidang penelitian yang saya minati, yakni early childhood education (pendidikan anak usia dini) dan early literacy (literasi dini). Dari bidang riset yang kita cantumkan itulah, maka secara berkala kita akan mendapatkan informasi beragam artikel yang berhubungan dengan minat dan kemampuan kita. Ada artikel yang dibagi secara full, namun ada juga yang hanya mencantumkan abstraknya saja.

Untuk artikel yang tidak bisa kita akses secara penuh, sementara artikelnya sangat menarik untuk disimak, maka kita bisa meminta penulisnya untuk berbagi melalui pilihan bantu yang terdapat di situs tersebut. Kadang berbalas, kadang juga tidak. Namanya juga usaha, tak selalu membuahkan hasil positif bukan?

Seperti yang saya alami pagi ini. Ketika cek email, ada pemberitahuan dari researchgate kalau saya mendapat kiriman artikel dari seorang peneliti di eropa. Saya baru teringat, minggu lalu saya baca abstrak penelitiannya setelah mendapatkan informasi melalui email. Karena penelitiannya berkenaan dengan minat saya, maka saya pun meminta penulisnya untuk membagi artikelnya. Alhamdulillah, ternyata ia merespon positif permohonan saya.

Nah, ternyata mencari jurnal ilmiah tak harus dari database di perpustakaan saja. Jalan lainnya bisa lewat googlescholar, maupun dengan bergabung di situs academia maupun researchgate. Tak selalu berhasil, namun bisa menjadi alternatif saat ingin mengakses artikel ilmiah yang kita butuhkan. Terutama artikel-artikel yang belum lama terbit dan belum bisa kita dapatkan secarata gratis di database yang kita akses.  
• • •