December 13, 2010

Now in Fairborn

alhamdulillah... setelah melalui perjuangan panjang *lebay*, sampai juga saya di fairborn pada hari senin malam 29 november 2010. fairborn adalah sebuah kota kecil di state ohio. kotanya sepi dan transportasi publik yang biasa kami pakai hanya bus. bus tersebut mengarah ke dayton, kota sebelah tempat saya dan suami mengurus administrasi. kampus suami memang unik karena alamat utamanya masuk kota dayton, tapi alamat campus housing-nya masuk kota Fairborn. kalau boleh memilih, sebenernya lebih enak mengurus segala sesuatu di dayton, karena kami bisa menjangkaunya dengan bus. sedangkan untuk menuju downtown fairborn kami merasa kesulitan karena harus menjangkaunya dengan mobil, sementara saat ini kami belum punya mobil pribadi. terlalu sering pakai taksi tentu bukan sesuatu yang murah.

mobil merupakan salah satu tradisi amerika. tidak punya mobil di amerika bisa dibilang menyusahkan. tidak semua tempat bisa dikunjungi kalau kita tidak punya kendaraan pribadi disini. berbeda dengan waktu kami di jerman beberapa tahun yang lalu. di jerman tak punya mobil pun tak masalah karena transportasi publik-nya menjangkau sampai ke pelosok. berbeda dengan di amerika yang memang tradisi masyarakatnya lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada menggunakan transportasi publik. jadi mau tidak mau sebagai pendatang kami harus bisa menyesuaikan diri.

bulan desember ini saatnya winter break. suami juga libur kuliah sebulan penuh. tempat kursus ESL (english as a second language) yang saya tuju pun baru akan memulai program-nya pada tanggal 3 januari 2011 mendatang. jadi saat ini kami berdua menghabiskan waktu di rumah. sesekali keluar rumah hanya untuk belanja karena cuaca sudah duingin sekali. yep... waktu baru dua hari disini, salju sudah menyelimuti kota kecil ini. kadangkala salju mencair, tapi besoknya sudah muncul lagi yang baru. salju yang turun hari kemarin malah ditingkahi pula dengan snowstorm. alhamdulillah udah siap sedia dengan persediaan sembako, jadi tidak harus beli bahan makanan sambil kedinginan di luar.

satu hal yang menarik dari tempat tinggal kami sekarang adalah karena letaknya yang bisa dibilang bersebelahan dengan pangkalan militer amerika serikat. setiap pagi pukul 7.30 dan sore pukul 17.00, kami mendenger bunyi terompet yang sangat keras. khusus untuk terompet sore hari akan diikuti dengan instrumen lagu kebangsaan amerika The Star-Spangled Banner. mendengar instrumen tersebut dan melihat bendera amerika berkibar di dekat rumah, membuat saya tersadar bahwa saya sedang tidak di tanah air. saya berada di negeri yang katanya 'land of opportunity' ini.

yap...sudah tepat dua minggu saya berada disini. bukan saatnya lagi untuk terus bersantai. saatnya berjuang untuk hidup yang baru. semoga bisa menggapai apa yang dicita-citakan dan suami pun nantinya bisa pulang ke tanah air dengan membawa kesuksesan dalam studinya. amiin.

*mode serious ON nih:))*
• • •