January 09, 2006

Jjajangmyeon Palsu

Dari blog salah satu temen, aku baca tentang masakan Korea yang namanya Jjajangmyeon. Konon kabarnya, Jjajangmyeon adalah masakan Cina, yang diadopsi oleh orang-orang Korea. Di Korea, masakan tersebut hanya bisa dijumpai di restoran Cina. Sedangkan di Cina sendiri, Jjajangmyeon dikenal dengan nama zha jiang mian. Kedengarannya agak-agak mirip kan :D

Kalo soal tampang, katanya sih ada kemiripan antara yang ada di Cina dan Korea. Cuman yang di Cina itu sausnya lebih dikit dibandingkan dengan yang di Korea, jadi warnanya lebih terang.

Bahan-bahan untuk membuat Jjajangmyeon adalah sebagai berikut:

- Chunjang (kedelai item yang udah digerus dan dibuat pasta)

- Tepung maizena (untuk mengentalkan kuah)

- Minyak wijen (untuk menggoreng daging atau ikannya)

- Daging atau ikan (terserah mo pake yang mana)

- Sayuran (wortel, timun, dan daun bawang)

Nah, hari Rabu malem 04.01.2005 yang lalu kan aku ama suami lagi panik gara-gara telpon rumah tiba-tiba mati. Kalo mati biasa sih gak papa, tapi masalahnya tuh telpon kalo coba dikontak dari nomor lain, nadanya on busy. Nah lho, kok busy? Jangan-jangan pulsa jalan terus, padahal kita gak make. Emang sih sorenya kami berdua udah ke t.punkt buat nglaporin kasus itu. Tapi masalahnya belum jelas sebetulnya ada apa dengan telepon kami itu.

Gara-gara bete, jadinya kebawa juga ke mood masak. Aku udah bilang ke suami, „mamas makan roti aja ya. Adek lagi gak mood masak. Capek, panik.“

Suamiku terpaksa mengangguk :D

Tapi pas aku nyalain kompie, trus baca eksperimen masak itu, kok jadi nafsu masak meningkat ya? Aku tanya ke suami, „masih mo makan gak? Adek mau masak nih. Tar mamas yang bagian ngabisin ya.“

OK, akhirnya ke dapur dan memasaklah aku. Ya, masak jjajangmyeon, tapi dengan bahan-bahan alternatif :D

Yak, mari kita masak si Jjajangmyeon Palsu itu:

Pertama: masaklah mie telor. Terakhir masak mie ini pas lebaran hari ke-2 yang lalu. Saat itu aku dan suami menjamu para „monster“ dengan menu utama mie ayam. Kali itu, aku cuma masak mie sekitar 200-an gram. Itu aja udah jadi banyak. Intinya sih tergantung kebutuhan perut masing-masing. Hi hi hi... Mie telornya direbus dulu ampe mateng, trus tiriskan deh.

Kedua: masak saus tiram dan ikan tuna. Saus tiram-nya itu ada cap halal-nya lho :D trus aku pake ikan tuna karena persediaan yang ada malam itu emang cuma ikan tuna. Ya udah aku pake itu aja.
Ketiga: gorenglah sayuran dengan sedikit minyak. Gak ada persediaan wortel ama timun nih. Jadi ya aku pake aja suppengemüse (sayuran buat sup) yang kubeli di Plus. Bumbui aja pake garam dan sedikit bawang. Kalau udah kelar nggorengnya, jangan lupa tambahkan air.
Keempat: masukkan maismehl alias tepung maizena yang udah dicampur ama sedikit air (biar si maizena gak menggumpal) ke dalam sayur yang udah digoreng . Ini maizena termurah yang pernah kuliat selama tinggal di dresden. Belinya di Kaufland. Per bungkus ukuran 1 kg harganya 0,79 EUR. Tunggu ampe mendidih dan mengental seperti capcay.
Kelima: sajikan hangat. cara penyajiannya gampang aja. tinggal campur aja si mie yang dah direbus ama ikan tuna dan saus sayuran itu.
Keenam: Lihat tuh tampang si Jjajangmyeon Palsu. Kata suamiku sih udah enak. Cuman aku kurang puas aja. Kenapa? Sebab warnanya kurang item, karena tidak ada si Chunjang.

Ntar kalo udah nemu Chunjang, aku bakalan bikin lagi Jjajangmyeon yang asli :D
• • •