November 24, 2015

Terapi Saat Flu Beraksi

Source: 123rf.com

Beberapa hari lalu, di salah satu pertemuan online yang saya ikuti, seorang rekan bercerita kalau saat ini ia dan keluarganya tengah terkena flu. Orang-orang di lingkungan sekitar dirinya pun mengalami hal yang sama. Ia pikir, perubahan musim dan cuacalah penyebabnya. Ia pun berdiskusi dengan kami apa pereda flu alami yang bisa ia dan keluarganya coba. Ada rekan yang menyarankan untuk mengkonsumsi ramuan tertentu, obat herbal, bahkan ada pula yang menyarankan vaksinasi flu (flu shot).

Meski flu bukan penyakit, berbahaya, namun sekali terkena tentu mengganggu aktivitas kita. Tak nyaman bukan bila kita mengerjakan tugas-tugas penting, tapi badan meriang? Konsentrasi dan produktivitas pun bisa terganggu karenanya. Nah, berikut beberapa kiat alami yang bisa anda coba untuk menghadapi serangan flu:

Pertama, minum campuran jeruk nipis peras (jeniper) dengan air hangat. Bila tak ada jeruk nipis, kita bisa menggunakan jeruk lemon. Tips ini sebenarnya rutin dikonsumsi oleh rekan-rekan yang aktif ber-FC (food combining). Setiap pagi, sesaat setelah bangun tidur, para praktisi FC rutin mengkonsumsi ramuan  tersebut sebelum mengkonsumsi apapun. Meski tujuan dari konsumsi air jeniper sebenarnya untuk mengaktifkan enzim pencernaan, namun kehangatan dan kandungan vitamin C-nya yang tinggi sangat membantu mereka yang sedang memulihkan kondisi tubuhnya akibat flu.

Kedua, konsumsi lemon shot  yang merupakan campuran lemon peras dan madu. Lemon shot dipercaya membantu menjaga kondisi tubuh. Setelah meminumnya, sebaiknya segera meminum segelas air putih guna membilas air lemon yang cukup asam bagi gigi kita.

Ketiga, minum vitamin C dosis tinggi, sekitar 1000 miligram. Meski normalnya vitamin C yang kita butuhkan hanya sekitar 90 miligram/hari, nyatanya minum vitamin dosis tinggi cukup membantu saat kondisi tubuh turun akibat serangan flu. Perlu diingat, konsumsi vitamin C dosis tinggi ini jangan sampai dilakukan terus-menerus, karena kita tidak ingin ginjal kita bekerja berat setiap harnya akibat konsumsi zat tertentu secara berlebihan.

Intinya, flu yang bersumber dari virus tersebut penyembuhannya sangat bergantung pada imunitas tubuh kita. Bila flu menyerang, usahakan memperbanyak istirahat dan minum air hangat, serta praktikkan beberapa kiat alami di atas. Tentu tak lupa berdoa, agar kondisi anda bisa segera pulih seperti sediakala.
• • •